Sabtu, 11 Mei 2013

Format URL Blog serta Pengaruhnya Terhadap SEO

gambar : iconfinder.com
Sebelumnya Om Blo jelasin dulu SEO itu apa. SEO adalah singkatan dari : Search Engine Optimization 

SEO: serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume & kualitas kunjungan blog melalui mesin pencari. (wikipedia)

Format url blog kamu sebenarnya punya pengaruh cukup besar loh biar lebih akrab dengan mesin pencari. Ini cukup penting, terutama bagi yang baru membuat blog. Mengingat pengaruhnya yang sebagai pengundang banyaknya pengunjung ke blog kalian. Ibarat kata jika ada calon pengunjung yang mau datang ke rumah kalian dan alamat yang mereka ketahui sulit untuk di kenali, hal tersebut justru membuat calon pengunjung yang mau datang ke rumah kalian tersebut nyasar ke tempat lain yang bahkan mereka tidak ketahui (dalam hal ini link error).
http://deviantart.com
URL blog yg isinya berupa angka sebenarnya kurang baik utk SEO. Lebih baik langsung menggunakan kata-kata pada judul posting.
Misalnya nih, pada sebuah posting URL nya menggunakan tanggal. 
Format: http://[alamat]/[tanggal] atau http://[alamat]/index.php?id=[id post]
Contoh : http://contohurl.com/2013/05/10 atau http://contohurl.com/index.php?id=7 

Format tersebut kurang baik karena sulit dikenali oleh mesin pencari saat melakukan pencocokan kata dari kata kunci yang di input oleh netter (pengguna internet) ke mesin pencari.

Selain itu, jika menggunakan tanggal pada URL. Posting sudah lama sekali, akan membuat post tersebut terkesan lebih jadul (basi) padahal bisa jadi isi post kita tersebut tetap enak dibaca walau tanggal posting nya udah lama.

Sedangkan utk penggunaan URL yg langsung diambil dari kata-kata pada judul post, lebih bisa dikenali oleh mesin pencari. Karena mesin pencari tak hanya melakukan pencocokan kata kunci yang di ketik netter ke mesin pencari dengan isi post dan judul post saja tetapi juga melakukan pencocokan terhadap URL post blog kita.

Format URL yg berisi judul post, http://[alamat blog]/[judul] 
Contoh : http://contohurl.com/ini-judul-posting-ku

Format seperti itu memang baik tapi juga ada resiko jika suatu saat ada post baru yg isi judulnya sama dengan judul yang sudah ada. Jika post yang baru menggunakan judul dengan kata-kata yang sama, akibatnya post yang lama jadi tertimpa(replace) dengan yang baru.

Sedangkan utk saat ini, kebanyakan blog menggunakan format seperti ini :
http://[alamat blog]/[tanggal post]/[judul post]
Contoh : 
http://bloggerunsri.blogspot.com/2013/04/rangkuman-kegiatan-gathering-ketiga.html

Format URL tersebut biasanya tersetting sebagai default URL Blog karena dinilai lebih spesifik pada penggunaannya.

Namun terserah dari kalian masing-masing mau menggunakan format yang mana sesuai selera.

Untuk pengaturan setting URL blog kalian, bisa di cek di setting > Permalink di dashboard platform blog kalian masing-masing.
Sedangkan untuk mengatur kata-kata yang ada di URL setiap post, bisa diatur di editor saat kita mau buat post baru itu loh.

Buat yang blognya udah lama bergentayang di dunia maya, diharapkan agar tidak langsung mengganti format URLnya karena pergantian format URL bagi blog yang sudah lama, pengaruhnya bisa justru berakibat akan kehilangan pengunjung.

Semoga bermanfaat.
Salam share #bloggerUNSRI

6 komentar:

  1. mantep nih share nya....

    rioaperta.com

    BalasHapus
  2. Selain kehilangan pengunjung mengganti URL membuat banyak link mati yang kita tinggakan di blog orang lain yang kita kometari dan itu merugikan sekali untuk SEO ujinya sih cak itu min haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo blog kita masih baru atau belum ada yg ngelink sih, sah sah aja di ubah.
      tapi klo udah lama dan cukup banyak yg ngelink, ruginya ya itu tadi
      makanya utk setting yg cukup fatal akibatnya kayak gini, ya mesti dari awal mula bikin blog :D

      Hapus
  3. Cakep dehh....

    http://nugraha-ta.blogspot.com/

    BalasHapus
  4. Hahaha.. btw makasih kunjungannya ya semua
    Semoga bermanfaat :D

    BalasHapus