Selasa, 22 Juli 2014

Working Dinner Peran Media Terhadap Komunitas ASEAN 2015 Bersama Kementrian Luar Negeri

Kamis, 17 Juli 2014 lalu bertempat di Ballroom Hotel Aryaduta. 
Komunitas Blogger Universitas Sriwijaya secara resmi mendapat undangan dari pihak Kementrian Luar Negeri RI dengan agenda acara "Working Dinner bersama para pengelola media, pejabat penerangan dan humas pemprov Sumatera Selatan dan Komunitas Blogger di Palembang".

Acara diselenggarakan masih dalam nuansa bulan Ramadhan mulai pukul 17.30 sembari menantikan adzan magrib (buka bersama). Dari Blogger UNSRI yang hadir diwakili oleh Agustin, Alvin, Anna, Azis, Dheni P Rahayu, Faisal, Rahman, Rinda, dan Rozy.

Nah mari kita lanjutkan tentang apa inti acara ini, yaitu tentang pengenalan Komunitas ASEAN 2015.

aseancommunity.org
Apa itu Komunitas ASEAN ?
Komunitas ASEAN 2015 merupakan bentuk kesepakatan bersama oleh negara-negara anggota ASEAN. Komunitas ASEAN 2015 terbagi dalam 3 pilar, yaitu: Komunitas Keamanan ASEAN, Komunitas Ekonomi ASEAN dan Komunitas Sosial Budaya ASEAN. Komunitas ASEAN rencananya diresmikan pada akhir tahun 2015 nanti.



Komunitas Keamanan ASEAN bertujuan untuk mendorong dan mempercepat terbentuknya kerjasama dalam bidang politik dan keamanan di kawasan Asia Tenggara dan menciptakan kedamaian dan stabilitas keamanan di kawasan negara ASEAN.

Komunitas Ekonomi ASEAN tidak lain untuk meningkatkan stabilitas perekonomian di kawasan ASEAN. Membentuk kawasan ekonomi antar negara ASEAN yang kuat serta terciptanya kawasan pasar bebas ASEAN. 

Komunitas Sosial  Budaya ASEAN  bertujuan untuk memajukan dan mensejahterakan antar negara ASEAN dalam bidang sosial, kebudayaan, pendidikan, ilmu pengetahuan, kesehatan, dan masalah seputar sosial budaya. Selain itu Komunitas Sosial Budaya ASEAN ini juga akan menciptakan masyarakat yang beradab, saling menjaga toleransi antar negara ASEAN, saling menghormati, menciptakan rasa persodaraan yang lebih kuat serta menjunjung tinggi rasa kemanusiaan atar negara ASEAN.


Saat acara Working Dinner tersebut berlangsung, pihak Kementrian Luar Negeri RI dikatakan bahwa ada 10 aspek profesi yang akan terpengaruh dampak langsung saat Komunitas ASEAN ini di resmikan akhir tahun 2015 mendatang.

Sedangkan dalam pemaparan dari pihak pemprov Sumsel sendiri, mengatakan bahwa Sumatera Selatan memiliki potensi yang luar biasa, baik dari segi sumber daya alam dan pendapatan daerah, maupun penyelenggaraan event-event besar. Terbukti dari beberapa event besar olahraga yang pernah diselenggarakan seperti SEA Games 2011 dan ISG 2013 Sumsel terbilang sukses. Begitupun dengan event-event yang akan datang seperti Komunitas ASEAN 2015 ini, Sumsel menyambut baik dan mudah-mudahan siap bersaing pada saat diresmikan.

Sesi selanjutnya dalam acara tersebut adalah diskusi, tanya jawab dengan para undangan yang telah hadir yang di buka secara langsung oleh pejabat dari Kementrian Luar Negeri. Dalam diskusi tersebut di bahas mengenai kesiapan, perilaku, kemerataan dengan wilayah daerah juga dampak langsung bagi  masyarakat Indonesia dengan di resmikannya Komunitas ASEAN ini.

Meskipun sebagian pihak menganggap, sumber daya manusia di Indonesia belum mampu dan siap menghadapi persaingan yang akan terjadi  saat Komunitas ASEAN ini dilaksanakan, mau tidak mau kita tetap harus menghadapi tantangan persaingan dunia yang ketat. Karena jika tidak pernah mencoba, maka kita tidak akan pernah siap dan mengikuti perkembangan dunia yang terjadi saat ini.

Harapan kita adalah semoga dengan adanya Komunitas ASEAN 2015 ini agar dapat semakin memajukan serta memberikan dampak yang sangat baik bagi Negara-negara di kawasan Asia Tenggara khususnya masyarakat negeri kita, Republik Indonesia.

Sekian ulasan dari kami di acara Working Dinner yang di adakan oleh Kementrian Luar Negeri kali ini.
Suatu kehormatan bisa mendapatkan kesempatan berada di tengah-tengah para pejabat negeri serta rekan-rekan media juga teman-teman dari komunitas Blogger se-provinsi Sumatera Selatan.
Kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kepercayaannya telah mengikut sertakan kami para Blogger UNSRI ambil bagian dalam mensukseskan Komunitas ASEAN 2015 nanti.



CMIOBW (Correct Me If Om Blo Wrong) hehehe...

Salam share Blogger UNSRI

referensi :
http://aseancommunity.org/
http://asean.gunklaten.com/2013/06/Pengertian-Komunitas-ASEAN-2015.html

7 komentar:

  1. REKOMENDASI KADO WISUDA
    http://dobigift.blogspot.com/2015/01/dobi-bora-si-boneka-beruang-yang-lucu.html

    BalasHapus
  2. "TSU" (gabungan Facebook, Twitter, instagram dan path)" Disini semua aktifitas anda akan dihitung; like, komen, update status, unggah gambar, vedio dll (ada nilainya dan dibayar) karena 90% keuntungan TSU dibagi ke pengguna. Daftar https://www.tsu.co/pu2sastra

    BalasHapus
  3. its support please send to account: 0169311651 BNI may your deeds accepted by Allah, ammin

    BalasHapus